BEM STAIMAS Selenggarakan Pelatihan Publik Speaking, Kenali 4 Teknik Dasarnya

Uncategorized

WONOGIRI–Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STAIMAS Wonogiri menyelenggarakan Seminar dan Pelatihan Public Speaking, Selasa (14/5/2024), di aula kampus STAIMAS Wonogiri.


Pada agenda bertemakan “Dare To Speak, Dare To Action” itu dihadiri mahasiswa dan perwakilan pelajar SMA/SMK sederajat di Kabupaten Wonogiri. Hadir sebagai narasumber Kepala Prodi KPI STAIMAS Wonogiri, Tutut Nur Trias Wijayanti, S.S.T., M. I. Kom.

Ketua Panitia Seminar dan Pelatihan dan pelatihan Public Speaking oleh BEM STAIMAS Wonogiri, Wahyu Choirul A menuturkan, ada tiga tujuan agenda itu. Pertama, peserta memiliki pengetahuan mengenai Public Speaking secara utuh. Kedua, peserta memiliki rasa percaya diri untuk tampil dengan orang banyak. “Ketiga adalah peserta mampu mengaplikasikan Public Speaking dengan baik pada lingkungan mereka,” imbuh Wahyu.

Tutut banyak mengupas seluk beluk public speaking atau kemampuan berbicara di depan khalayak umum dengan tujuan menyampaikan pesan secara efektif. Ada empat teknik dasar yang harus dikuasai dalam public speaking.

1. Percaya diri
Perdaya diri adalah keyakinan pada diri sendiri untuk berhasil melaksanakan suatu tugas. Percaya diri akan bertambah seiirng semakin banyak pengalaman dan jam terbang.Percaya diri merupakan permasalah psikologi yang hanya diri sendiri yang bisa menyelesaikan.
“Kepercayaan diri bisa dibangun dengan memperbanyak pengalaman, persiapan matang, latihan sebelum tampil dan tidak menganggap rendah diri sendiri,” jelas Tutut.

2. Teknik Vokal
Teknik vokal menyangkut volume, nada, kecepatan, pelafalan/artikulasi, intonasi, jeda dan dialek.”Hal pertama yang harus dipastikan adalah audiens bisa mendengar suara Anda dengan nyaman,” tambah Tutut.

3. Ekspresi gesture
Kesan pertama itu sangat penting. Sebab, audiens melihat pembicara sebelum mereka mendengarkan apa yang disampaikan. “Ada empat komunikasi verbal yang perlu diperhatikan yaitu sikap saat tampil, gesture, ekspresi wajah dan kontak mata,” lanjutnya.

4. Komunikatif
Buatlah audisen merasa menjadi bagian penting dalam forum. Kenali dan bisa lebih membangun komunikasi dengan mereka. “Komunikatif itu seperti menyapa audisens, menyampaikan salam, berikan pertanyaan ringan yang mudah dijawab, jangan takut berinteraksi secara langsung dengan audiens dan tanyakan pendapat audiens,” terang Tutut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *