Tumbuhkan Kreativitas dan Jiwa Entrepreunership, Mahasiswa Prodi ES STAIMAS Membuat Kerajinan Kawat Bulu

Uncategorized

Wonogiri—Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri mengikuti pelatihan membuat kerajinan tangan dari kawat bulu beberapa waktu lalu. Hadir sebagai mentor, dosen Prodi ES, Makhda Intan Sanusi, S.H., M.E pelatihan ini guna menumbuhkan kreativitas dan jiwa kewirausahaan generasi muda.

Dalam pelatihan, Prodi ES menggandeng Pustakawan STAIMAS, Kharisma Arjuwana, A.Md.S.I. Pelatihan kerajinan tangan ini terfokus pada pembuatan bunga menggunakan kawat bulu. Sebelum dimulai peserta pelatihan sudah diperlihatkan bunga beserta vasnya yang sudah jadi. Hal ini dimaksudkan agar peserta pelatihan bisa memiliki pandangan terkait bunga yang sesungguhya.

“Mahasiswa mendapatkan materi tentang ekonomi kreatif sebelum masuk kepada sesi pelatihan. Selain itu, Pelatihan itu tak sekadar pelatihan tapi juga sekalian kompetisi. Tujuannya memotivasi mahasiswa semangat dalam praktek,” kata Intan.

Menurut Intan, peserta di bagi menjadi empat kelompok dan mendapatkan tutorial cara membuat, pengenalan bahan-bahan hingga sampai pada praktek langsung pembuatan per kelompok. “Dengan diadakannya pelatihan ini ternyata antusias mahasiswa begitu besar. Dapat dilihat dari hasil praktek pembuatan bunga tiap kelompok yang begitu memukau,” lanjut Intan yang merupakan Kaprodi ES itu.

Alat-alat yang dibutuhkan hanya gunting, korek api, lilin dan penggaris…Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu

  1. Kawat bulu
  2. tangkai
  3. Lem tembak.
  4. gelas plastik
  5. kardus

Dia mengemukakan, tujuan dilakukannya pelatihan kerajinan tangan itu juga untuk memperkenalkan ide usaha serta mengasah keterampilan bagi generasi muda. “Selain itu dengan terlaksananya pelatihan ini, pemuda bisa memanfaatkan ilmunya sebagai ide usaha di kemudian hari,” tambahnya.

Pada akhir diumumkan hasil kompetisi yang juara pertama hingga juara keempat. Pelatihan juga kompetisi ini dimenangkan oleh kelompok 1 atas nama Fauzan dan Zahra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *