Prodi KPI Review Kurikulum, Persiapkan Skill Mahasiswa Untuk Kebutuhan Industri

BERITA

Wonogiri–Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) STAIMAS Wonogiri menyelenggarakan Review Kurikulum, Senin (3/6/2024) di Kampus STAIMAS Wonogiri. Hadir sebagai reviewer Kepala Program Studi KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Nanang Mizwar Hasyim, M.SI. Agenda ini dihadiri dosen, mahasiswa, dan stakeholder di antaranya Ketua PWI Solo, Anas Syahirul A, M.I.Kom dan Humas Lembaga Pendidikan sekaligus Sekretaris Perhumas Solo, Imam Subkhan, MIPR.

Ketua STAIMAS Wonogiri, Atik Nurfatmawati S.E.,M.I.Kom, mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mempersiapkan kurikulum yang nantinya relevan dengan kebutuhan industri dan akreditasi ke depannya. “Kami berharap Pak Nanang bisa membantu dan mendampingi kami dosen-dosen ke depan setelah review kurikulum ini. Tujuan kami Prodi KPI bisa dilirik lebih banyak dari calon mahasiswa,” jelasnya.

Kaprodi KPI, Tutut Nur Trias Wijayanti, S.S.T.,M.I.Kom, mengatakan, review kuruikulum ini penting dilakukan, terlebih kedepan KPI akan mengubah profil lulusanya menjadi Jurnalis dan Public relation, “Kami berharap Pak Nanang bisa memberi masukan terhadap draf kurikulum baru kami, sehingga bisa menjadi pertimbangan dan bahan masukan kami kedepannya,” terang Tutut.

Dalam paparannya, Nanang, menyampaikan bahwa saat ini bayak kebutuhan dunia kerja yang tidak diserap oleh perguruan tinggi, “Sehinggga antara dunia kerja dan kuliah ini tidak sinkron,” ucapnya.

Nanang melanjutkan, oleh karena itu adanya review kurikulum ini untuk mengantisipasi hal tersebut, “Kita harus tau terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan industri luaran kita, berangkat dari situ kita akan menentukan mata kuliah apa yang bisa menunjang kebutuhan industri tersebut,” imbuhnya.

Kegiatan review kurikulum itu dimanfaatkan dosen-dosen Prodi KPI untuk tanya jawab dan memperdalam sekaligus menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *