Prodi KPI STAIMAS Wonogiri Review Kurikulum, Ketua PWI Solo Ingatkan Kebutuhan Wartawan yang Multitasking

Uncategorized

Wonogiri–Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) STAIMAS Wonogiri menyelenggarakan Review Kurikulum, Senin (3/6/2024), di Kampus STAIMAS Wonogiri dan melalui zoom meeting.

Ketua Prodi KPI STAIMAS Wonogiri, Tutut Nur Trias Wijayanti, menuturkan, pada review kurikulum ini ada perwakilan dari praktisi sekaligus dunia industri. Turut menyampaikan review kurikulum itu menghadirkan Ketua PWI Solo, Anas Syahirul A, M.I.Kom dan Sekretaris Perhumas Solo, Imam Subkhan, M.I.PR.

“Kami berharap mendapatkan masukan-masukan terkait kebutuhan dunia kerja. Sehingga kami bisa menindaklanjutinya dengan menyiapkan lulusan-lulusan yang siap di dunia kerja, ” ucap Tutut.

Ketua PWI Solo, Anas Syahirul A, M. I. Kom menyatakan saat ini industri media membutuhkan jurnalis-jurnalis yang multitasking.

Menurut Anas, sebelum media online berkembang, setiap wartawan memiliki kemampuan tertentu. Misal wartawan media cetak dan wartawan foto.

“Tuntutan sekarang, seorang wartawan harus memiliki kemampuan menulis, foto bahkan membuat konten video,” tambah Anas.

Pada kesempatan itu, Anas dan Imam memberikan masukan-masukan tentang mata kuliah yang diperlukan untuk mendukung lulusan Prodi KPI yang siap di dunia kerja.

Anas menambahkan wartawan juga dituntut memiliki kemampuan untuk meloby dan bernegoisasi. Kemampuan itu, imbuhnya, akan menunjang seorang wartawan yang melakukan liputan investigasi. “Investigasi reporting tidak terbatas di media cetak, sekarang sudah merambah ke hasil investigasi yang dikemas secara audio visual,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *