SERBA-SERBI KPM TEMATIK : Gelar Market Day di SD, Mahasiswa Staimas Melatih Mental Siswa Berbisnis

BERITA

WONOGIRI–Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tematik Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri menyelenggarakan Market Day di SDN 1 Sirnoboyo di Desa Sirnoboyo, Kecamatan Giriwoyo, Jumat (17/6).

Sejak pagi, murid-murid SDN 1 Sirnoboyo sudah bersiap-siap menata dagangan mereka. Anak-anak yang menjadi pedagang pada pagi itu sudah membawa aneka dagangan dari rumah masing-masing. Di antaranya roti bakar, agar-agar, puding, jasuke (jagung, susu, keju), nasi goreng, donat dan sebagainya.

Aneka makanan dan minuman dijual seharga Rp1.000-Rp.2.000 Anak-anak begitu senang dan semangat. Salah satunya adalah siswa kelas IV, Alghazali. Dia begitu antusias menawarkan agar-agar dagangannya.

“Dibeli…yuk dibeli…..,” kata Alghazali.
Pada Market Day itu dia mengantongi laba Rp5.000. Alghazali tersenyum ceria dan merasa senang ada Market Day di sekolahnya.

Ketua Kelompok Mahasiswa KPM Tematik Desa Sirnoboyo, Indra Ismawanto, menuturkan dengan diadakannya market day tersebut harapannya dapat menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri siswa dan melatih bakat dan mental siswa dalam berbisnis.

“Sehingga, ke depannya dapat menjadi pribadi yang tangguh dan dapat mandiri dalam ekonomi serta bersaing dalam kompetisi global,” ucap Indra.

KPM Tematik 2022 STAIMAS Wonogiri bertemakan Membangun Desa Kreatif dan Inovatif dalam Bidang Bisnis dan Kewirausahaan dengan Optimalisasi Digital Marketing.

Kepala SDN 1 Sirnoboyo, Sri Wahyuni menyambut positif agenda Market Day itu.

“Kami merasa termotivasi dan siap untuk follow up kegiatan Market Day untuk diadakan secara periodik,” tambahnya. (nad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *