Nama Dokumen | Dokumen |
Dokumen Pemutakhiran VMTS | Klik disini |
Rencana Induk Pengembangan STAIMAS 2017-2041 | Klik disini |
Rencana Strategis STAIMAS 2017-2021 (milestone I) | Klik disini |
Rencana Strategis STAIMAS 2017-2021 (milestone II) | Klik disini |
Rencana Operasional -STAIMAS-2018 | Klik disini |
Rencana Operasional-STAIMAS-2019 | Klik disini |
Rencana Operasional-STAIMAS-2020 | Klik disini |
Rencana Operasional-STAIMAS-2021 | Klik disini |
Rencana Operasional-STAIMAS-2022 | Klik disini |
Rencana Operasional-STAIMAS-2023 | Klik disini |
Indikator Kinerja Tambahan | Klik disini |
VISI
Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang unggul dalam kajian ilmu pengetahuan berbasis prinsip pemberdayaan masyarakat, nilai-nilai ke-Indonesiaan, dan religius kekaryaan di tingkat Asia Tenggara pada tahun 2042
Makna Visi :
Unggul dalam Kajian Ilmu Pengetahuan (Tri Dharma Perguruan Tinggi) artinya STAIMAS Wonogiri memiliki nilai lebih dalam kajian keilmuan yang integratif antara ilmu keislaman dan ilmu modern; melakukan yang terbaik demi menghasilkan karya pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat; sehingga diakui tidak hanya secara nasional tetapi juga Asia Tenggara.
Pemberdayaan Masyarakat yaitu strategi pembangunan dengan mempertimbangkan potensi dan menjaga nilai-nilai kearifan lokal demi terwujudnya masyarakat yang berdaya menghadapi tantangan zaman. Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat, STAIMAS Wonogiri turut berperan dalam mengatasi masalah sosial serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Wonogiri dan sekitarnya dengan tetap menjaga nilai-nilai budaya daerah tersebut.
Nilai‐nilai Keindonesiaan ialah nilai‐nilai toleransi dan saling menghargai antar sesama serta menjunjung tinggi kebhinekaan. STAIMAS Wonogiri menjalin kerjasama tidak hanya dengan perguruan islam tetapi juga dengan perguruan tinggi agama lain. Selain itu, nilai-nilai Keindonesiaan juga diimplementasikan melalui muatan kurikulum perguruan tinggi seperti Komunikasi Antarbudaya, Pendidikan Multikultural, Teori Pemberdayaan Masyarakat,
Hal yang mendasari religius adalah hubungan manusia dengan Allah subhanahuwata’ala yang meliputi takwa, cinta kepada Allah dan Rasulullah, keyakinan diri, kesabaran tinggi berasaskan kepada tauhid dan iman. Hal ini diimplementasikan melalui kegiatan untuk mendukung suasana akademik yang religius seperti kajian rutin, penerapan aturan adab islami,
Kekaryaan adalah segala yang berhubungan dengan karya seseorang. Civitas akademika STAIMAS Wonogiri harus mampu menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat, memiliki prestasi, etos kerja yang tinggi, kompetensi sesuai bidangnya, dan mendapat pengakuan atas karya-karya tersebut.
Indikator ketercapaian visi STAIMAS Wonogiri adalah sebagai berikut :
- 50% dosen memiliki jabatan akademik Lektor Kepala serta memiliki bidang keahlian sesuai dengan kompetensi inti program studi.
- Penjaminan Mutu berjalan efektif
- Perguruan tinggi memiliki kurikulum yang mengacu pada benchmark dengan institusi internasional dan isu terkini.
- Perolehan sertifikasi/akreditasi eksternal oleh lembaga internasional atau nasional bereputasi.
- Perolehan akreditasi program studi oleh lembaga akreditasi internasional bereputasi.
- Perolehan status terakreditasi seluruh program studi oleh BAN-PT atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).
- Menjalin kerjasama tridharma tingkat internasional
- Dosen dan mahasiswa memiliki sejumlah penelitian dan PkM dengan biaya luar negeri dan dalam negeri di luar PT
- Dosen dan mahasiswa memiliki sejumlah publikasi penelitian dan PkM di jurnal, seminar, dan tulisan tingkat internasional dan nasional bereputasi.
- Mahasiswa memiliki prestasi akademik dan nonakademik di tingkat internasional dan nasional.
Tagline STAIMAS Wonogiri sesuai dengan visi STAIMAS Wonogiri adalah PASTI yang merupakan singkatan dari Produktif, Aktif, Solutif, Transformatif, Inovatif. Kelima kata ini saling berkaitan erat satu dengan yang lainnya dan berhubungan dengan nilai kekaryaan STAIMAS. Definisi produktif yaitu kemampuan untuk menghasilkan sesuatu. Definisi aktif adalah giat dalam bekerja, berusaha. Solutif berasal dari kata solusi yang artinya penyelesaian; pemecahan (masalah dsb); jalan keluar. Arti transformatif adalah: bersifat berubah bentuk (rupa, macam, sifat, keadaan, dan sebagainya). Sedangkan inovatif adalah bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru; ber-sifat pembaruan (kreasi baru). Civitas akademika STAIMAS aktif dan produktif untuk menyelesaikan masalah (solutif) dan terus melakukan perubahan (transformasi) yang lebih baik melalui pembaharuan/inovasi.
MISI
Misi yang ingin dicapai STAIMAS Wonogiri adalah
- Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat, Ke-Indonesiaan dan Religius Kekaryaan
- Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat berdasarkan potensi dan kearifan lokal
- Meningkatkan kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pencapaian visi.
- Meningkatkan peran dan kontribusi STAIMAS dalam pemberdayaan masyarakat.
TUJUAN
1.Menghasilkan lulusan yang memiliki karakter religius kekaryaan, menguasai iptek dan mampu memberikan manfaat bagi
2.Meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan dalam rangka menghasilkan penelitian, pengabdian masyarakat dan menyebarluaskannya dalam skala regional, nasional dan
3.Mewujudkan pengelolaan atau manajemen universitas sesuai dengan prinsip Good University Governance
4.Menjalin kerjasama dengan pihak lain di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam lingkup regional, nasional dan
5.Mewujudkan civitas akademika yang mampu menjadi ibadullah yang religius kekaryaan dalam kehidupan
SASARAN PROGRAM DAN SASARAN KEGIATAN
Merupakan Penjabaran arah kebijakan STAIMAS Wonogiri yaitu:
No. |
Sasaran Program |
Sasaran Kegiatan |
PIC |
1 |
Meningkatnya akses pendidikan tinggi |
Memiliki visi, isi, tujuan, dan strategi yang jelas |
Ketua |
2 |
Meningkatnya kualitas manajemen |
Implementasi tata pamong yang bermutu tinggi |
Ketua |
Implementasi kepemimpinan para pejabat struktural |
Ketua |
||
implementasi tata kelola yang bermutu tinggi |
Ketua |
||
3 |
terwujudnya budaya mutu yang unggul |
Melaksanakan dan mengevaluasi SPMI |
LPM |
4 |
Meningkatnya manfaat kerjasama |
Menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta serta perguruan tinggi |
Waket 3 |
5 |
Meningkatnya partisipasi kuliah masyarakat |
Meningkatkan kualitas input mahasiswa |
Waket 3 |
Meningkatkan layanan mahasiswa |
Waket 3 |
||
6 |
Meningkatnya kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia |
Mewujudkan profil dosen dan tendik yang berkualitas dan religius |
Waket 2 |
Mengembangkan dosen dan tendik |
Waket 2 |
||
7 |
Meningkatnya pendanaan PT |
mengupayakan pendanaan pendidikan tinggi |
Waket 2 |
8 |
Meningkatnya kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana |
Mengadakan Sarana & Prasarana Perkuliahan |
Waket 2 |
Mengadakan Sarana & Prasarana Perpustakaan |
Waket 2 |
||
Mengadakan Sarana TIK |
Waket 2 |
||
Mengadakan Sarana & Prasarana Dosen |
Waket 1 |
||
9 |
meningkatnya kualitas pembelajaran |
Menyusun Kurikulum sesuai KKNI |
Waket 1 |
Menetapkan Karakteristik Proses Pembelajaran |
Waket 1 |
||
Menyusun RPS |
Kaprodi |
||
Melaksanakan Proses Pembelajaran |
Waket 1 |
||
Melakukan Monitoring dan evaluasi |
Kaprodi,LPM |
||
Melakukan Penilaian Pembelajaran |
Kaprodi |
||
menentukan teknik dan instrumen penilaian |
Waket 1 |
||
menetapkan Mekanisme dan Prosedur Penilaian |
Waket 1 |
||
Melakukan pelaporan penilaian |
Kaprodi |
||
mengintegrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran |
Kaprodi |
||
Menciptakan suasana akademik yang kondusif dan religius kekaryaan |
Waket 1 |
||
Melakukan survey kepuasan mahasiswa terkait pendidikan |
LPM |
||
10 |
Meningkatnya kualitas penelitian dan PkM |
Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang relevan dengan roadmap |
LPPM |
Memiliki kelompok riset dan pelaksana PkM |
LPPM |
||
melibatkan Mahasiswa dalam penelitian dan PkM |
LPPM |
||
Menghasilkan publikasi penelitian dan PkM |
LPPM |
||
memiliki jurnal penelitian dan PkM |
LPPM |
||
11 |
Meningkatnya kualitas lulusan |
menghasilkan luaran mahasiswa |
Waket 3 |